Doa Ketenangan Hati Agar Hati Tenang, Latin dan Terjemahannya

Jiwa dan hati yang tenang adalah hal penting menjadi modal utama dalam menjalani kehidupan secara normal. Meski secara fisik tubuh kita sehat, jika hati dan pikiran masih berfokus pada hal yang membuat keresahan atau kekecewaan, tentu sulit untuk kita bisa hidup bahagia.

Agama, dalam hal ini sebagai penyejuk jiwa tentu harus berperan lebih aktif. Bagi yang Muslim, doa dan sholat tentu bisa menjadi penolong bagi tercapainya ketenangan hati. Nah, berikut ini kami akan memaparkan tips-tips agar hati tenang beserta lafal doa ketenangan hati yang dapat Anda lakukan ketika menghadapi sebuah masalah.

Doa Ketenangan Hati


Jika Anda mengalami kegusaran atau kekecewaan, pasti hati Anda akan merasa tidak tenang. Jika sudah begini, janganlah murung dan bermuram durja. Ambilah air wudlu, kemudian sholatlah. Sholat dapat menentramkan dan menenangkah hati Anda yang tengah gundah gulana. Selesai sholat, berdzikirlah kemudian baca doa ketenangan hati berikut ini:

doa ketenangan hati

Doa Supaya Hati Tenang


Setelah sholat dan membacakan doa ketenangan hati di atas, saya yakin perasaan Anda akan menjadi lebih baik. Jika sudah begitu, bacalah lagi doa agar hati tenang berikut ini agar Anda dihindarkan dari kegusaran akan masalah yang tengah Anda hadapi. Bacalah dengan tenang sembari mengingat Alloh dan memahami artinya.

doa agar hati tenang

Tips Agar Hati Tenang


Selain dengan membaca doa ketenangan hati di atas, Islam juga mengajarkan bahwa jika kita tengah mengalami kebingungan dan keresahan ada baiknya kita berpasrah diri dan menyerahkan semua keputusan kepada Alloh semata, dengan mengucap Istighfar.

doa supaya hati tenang

Selain itu,  lakukan beberapa tips ini agar hati Anda dijauhkan dari perasaan cemas sehingga ketenangan hati bisa Anda peroleh.
  1. Membaca Surah Yassin atau mendengarkannya melalui MP3 yang ada di handphone.
  2. Melakukan sholat Tahajud di malam hari setelah bangun tidur agar Anda merasa semakin dekat dengan Alloh.
  3. Banyakkan Istigfar Dan Berzikir dengan lafal “La haula wala quwwata illa billah” (Tiada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah) dan “Hasbunallaah wa ni’mal wakiil” (Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baiknya Pelindung).
  4. Hindari mendengar Lagu Bertema kesedihan dan Kecewa – Kekecewaan. Lagu-lagu tersebut hanya akan membuat ketenangan hati Anda buyar dan pilu kembali.
  5. Dan terakhir, sentiasa mengingati Allah dengan melafalkan doa ketenangan hati di atas.

Nah, itulah tips agar hati tenang saat menghadapi sebuah masalah beserta doa ketenangan hati yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu meringankan masalah yang tengah Anda hadapi.


Berbagi Ke Lainnya