Arti dan Makna Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Penafsiran Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir – Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh, semoga kita semua dalam keadaan yang sehat. Hari ini kita akan mempelajari tentang arti dan makna dari kalimat arab yang sering kita dengar dan bacakan salah satunya adalah Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir, berikut ini penjelasannya.

Arti dan Makna Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Arti-Hasbunallah-Wanikmal-Wakil-Nikmal-Maula-Wanikman-Nasir

Dari ayat Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir mengandung banyak makna penafsiran baik secara bahasa maupun secara harfiah. Tetapi secara substansi dari para ulama besan dan teks Islam memberikan arti dan penafsiran makna yang sama.

Kalimat tersebut merupakan salah satu kalimat dzikir yang banyak dianjurkan. walaupun kalimat tersebut terkesan sangat pendek, tetapi ayat tersebut mempunyai arti dan juga makna yang dalam atas kedekatan dan bentuk tawakal terhadap Allah SWT sebagai Tuhan Sang Pencipta yang Maha Kuasa.

Arti-dan-Makna-Hasbunallah-Wanikmal-Wakil-Nikmal-Maula-Wanikman-Nasir

Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama coba mengartikan ayat “hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir“. Dengan demikian, kita jadi lebih tahu arti, makna, hikmah, keutamaan, dan kelebihan ayat tersebut sebagai salah satu kalimat untuk mendekatkan diri kepada Allah serta meminta perlindungan Allah SWT.

Arti dzikir hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir


Berikut ini adalah artinya dalam bahasa indonesia:

Arti-hasbunallah-wanikmal-wakil-nikmal-maula-wanikman-nasir


Beberapa buku juga menerjemahkan artinya sebagai berikut:

terjemahani-hasbunallah-wanikmal-wakil-nikmal-maula-wanikman-nasir

Makna hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir


Kalimat dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir mempunyai makna yang mendalam.

Pertama, ayat ini adalah bentuk ketaqwaan dan tawakal kita kepada Allah SWT dengan sepenuhnya menyerahkan diri kepada Allah.

Dengan kalimat dzikir ini kita menyerahkan segenap jiwa dan raga kepada Allah, menyerahkan semua urusan, beban, dan juga semua masalah yang kita hadapi kepada Allah karena Allah lah sebaik-baiknya wakil. Dengan rasa Ikhlas dan Tawakal menyerahkan sepenuhnya urusan kita kepada Allah.

Kedua, disaat kita dilanda berbagai problematika hidup di dunia yang begitu menyesakkan, ketika kita dirundung duka dan derita, serta mendapatkan banyak masalah, termasuk kesulitan hidup kita, maka dari itu kita sebaiknya mengucapkan ayat ini.

Jika kita dalam keadaan terancam pada suatu hal, maka serahkanlah kepada Allah karena Allah lah sebaik-baiknya penolong dan pelindung bagi kita. Doa dzikir hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir merupakan wujud ketergantungan kita kepada Allah SWT, manifestasi permintaan tolong kita kepada Allah, dan juga bentuk tawakal untuk mengembalikan semua urusan kepada-Nya.

Ketiga, makna secara tersirat dari hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir adalah menyatakan ke-esaan Allah sebagai satu-satunya dzat yang patut kita menyerahkan segala urusan, minta pertolongan-Nya, dan memohon perlindungan-Nya. Maka dari itu kita jangan sekali-kali untuk menyerahkan masalah, meminta pertolongan dan juga memohon perlindungan kepada selain Allah, karena Allah lah sebaik-baiknya dzat yang patut kita sembah dan meminta pertolongan.

Doa dzikir hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir diterangkan di dalam Al Quran dan hadis.

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang Doa Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir, semoga membantu kita semua dalam belajar tentang agama islam.

Berbagi Ke Lainnya