Rabu, 27 Juli 2016

Doa Dalam Perjalanan Jauh agar Diberi Keselamatan

Doa Dalam Perjalanan - Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kadang kali kita harus melakukan perjalanan jauh untuk menghadiri suatu acara, entah itu acara hajat saudara, mudik lebaran, atau dalam rangka perjalanan bisnis. Nah, dalam melakukan perjalanan ini, kita bisa menggunakan berbagai akomodasi transpotrasi mulai dari kendaraan darat, laut, maupun udara, di mana agar perjalanan aman.

Doa Dalam Perjalanan


Adapun selain dengan membaca doa naik kendaraan tersebut, agar diberikan keselamatan, sebaiknya kita juga terus berdzikir dan mengucap doa-doa selama dalam perjalanan. Nah, terkait dengan doa dalam perjalanan agar diberi keselamatan, berikut lafal arab, latin, beserta artinya untuk Anda baca.

doa dalam perjalanan 1

Doa dalam perjalanan di atas yang sebetulnya merupakan potongan ayat 41 QS Ah Hud tersebut kemudian dapat dilanjutkan dengan mengucap takbir sebanyak 3 kali kemudian melafalkan kembali doa dalam  perjalanan lanjutan seperti yang dicontohkan oleh Rosululloh SAW. Berikut doanya:

doa dalam perjalanan 2


Selain dengan mengucap doa dalam perjalanan agar diberi keselamatan, rosululloh juga menganjurkan pada kita untuk selalu mengingat Alloh dan memohon apa yang menjadi keinginan kita selama kita berada di kendaraan. Hal ini tak lain adalah karena doa seorang musafir atau doa seseorang yang sedang dalam perjalanan adalah doa yang mudah diijabah. Berikut landasan hukumnya:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ: دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ

Nah, dari pemaparan mengenai doa dalam perjalanan tersebut, dapat kita ambil kesimpulan bahwa selama dalam perjalanan sebaiknya kita memanjatkan banyak doa, karena selain sebagai sarana untuk memohon keselamatan di kendaraan, hal ini juga merupakan wujud pemanfaatan dari waktu yang makbul untuk berdoa. Semoga bermanfaat.

Top